Shaw 'bugar dan siap' bermain 90 menit untuk Inggris

 Shaw 'bugar dan siap' bermain 90 menit untuk Inggris

Bek Inggris Luke Shaw mengatakan dia fit dan siap bermain 90 menit di Euro 2024.

Shaw, satu-satunya bek kiri spesialis dalam skuad Gareth Southgate, tidak bermain dalam empat pertandingan pertama Inggris di Euro karena cedera hamstring.

Namun pemain Manchester United itu masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua saat kemenangan perempat final atas Swiss - dan mengatakan dia sekarang siap memainkan peran yang lebih besar dalam perjuangan Inggris.

"Tentu saja, saya rasa saya [bugar dan siap bermain 90 menit],” kata Shaw. “Itu semua tergantung pada keputusan Gareth. Saya merasa bugar dan siap bermain."

Tampilnya Shaw dari bangku cadangan setelah 78 menit melawan Swiss menandai pertandingan sepak bola kompetitif pertamanya sejak mengalami cedera pada bulan Februari.

Southgate berharap Shaw kembali selama babak penyisihan grup di Jerman, tetapi pemulihannya memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan dan membuat Kieran Trippier ditugaskan di sisi kiri pertahanan.

"Empat bulan terakhir benar-benar sulit," kata Shaw tentang masalah cederanya. "Awalnya saya berharap bisa kembali lebih cepat, tetapi saya justru mengalami banyak kemunduran.

“Senang sekali bisa bertemu malam itu dan menghabiskan waktu beberapa menit - saya jadi gatal.

"Saya pikir sebelum skuad diumumkan, kami punya rencana untuk bangkit sekitar pertandingan kedua atau ketiga, tetapi sayangnya, rencana itu tidak berjalan sesuai rencana dan saya pun diundur satu atau dua pertandingan.

"Tentu saja, ini sulit. Mereka benar-benar ada untuk saya, bukan hanya Gareth dan Steve [Holland, asisten manajer Inggris] tetapi juga staf medis. Saya sangat berterima kasih kepada mereka."

Shaw mengalami Euro yang 'aneh'


Shaw harus duduk dan menonton dari pinggir lapangan saat Inggris mencapai semi-final Kejuaraan Eropa kedua berturut-turut.

Pemain berusia 28 tahun itu fokus pada pemulihannya, sampai-sampai ia menarik diri dari konferensi pers yang dijadwalkan sebelum pertandingan melawan Swiss karena ia tidak ingin berbicara kepada pers sebelum kembali ke lapangan permainan.

"Aneh rasanya," katanya tentang pengalamannya di Euro 2024. "Sulit juga, pergi menonton pertandingan, merasakan atmosfernya. Tidak mengenakan seragam atau terlibat dalam pertandingan itu sulit, tetapi itu lebih memotivasi saya untuk kembali bekerja keras."

"Suasana dalam pertandingan itu memacu saya.

"Tentu saja saya gembira bisa kembali, tetapi prioritasnya adalah membantu kami kembali ke permainan dan melaju."

Tanpa Shaw, Inggris tidak selalu tampil mengesankan di Euro 2024 – bermain imbang di dua pertandingan terakhir grup sebelum tertinggal di kedua pertandingan sistem gugur sejauh ini.

Namun gol penyeimbang yang brilian dari Jude Bellingham melawan Slovakia dan Bukayo Saka melawan Swiss telah membantu mereka lolos.

Shaw tahu bagaimana rasanya mencetak gol besar di Kejuaraan Eropa – dia membuka skor untuk Inggris di final Euro 2020 melawan Italia dalam waktu tiga menit dengan tendangan voli yang kuat.

Namun, saat menonton dari bangku cadangan, ia mengatakan bahwa ia telah mengalami tekanan seperti halnya para penggemar Inggris.

"Saya merasa lebih gugup saat menonton daripada saat bermain. Ini cukup sulit,” ungkapnya.

"Saya tidak pernah menyangka kami akan menang. Kami harus percaya sampai akhir.

"Momen-momen bagus seperti gol penyeimbang Jude bisa saja terjadi, tetapi tergantung pada kami untuk mewujudkannya di lapangan.

"Pertandingan demi pertandingan kami semakin membaik - ada hal-hal yang masih dapat kami tingkatkan, tetapi kami tampil bagus."

Shaw telah menjadi pemain kunci di bawah Southgate, menjadi starter di setiap pertandingan di Piala Dunia 2022, dan membela manajernya atas kritik yang diterimanya atas pilihan dan gaya permainannya.

"Saya tidak mengerti kritik tersebut," kata Shaw tentang Southgate, yang menjadi orang pertama yang memimpin Inggris ke tiga semifinal turnamen besar.

"Apa yang telah ia lakukan untuk negara dan kami para pemain, ia telah membawa kami ke tingkat berikutnya. Tidak ada manajer yang sesukses dia baru-baru ini.

"Kami para pemain mencintainya - dialah yang kami butuhkan. Dia membuat kami bisa tampil di lapangan dan menjadi yang terbaik. Dia menunjukkan banyak keyakinan dan kepercayaan dalam memilih saya."


Posting Komentar

0 Komentar