Stres menuju ketenangan - jurusan kelima 'nyata' Swiatek

 Stres menuju ketenangan - jurusan kelima 'nyata' Swiatek


Akhir pertandingan tampak dekat bagi Iga Swiatek ketika dia tertinggal match point melawan Naomi Osaka di putaran kedua blockbuster mereka di Prancis Terbuka.

Ketegangan terlihat di wajah petenis nomor satu dunia itu di tengah set penentuan yang dramatis.

Keringat mengucur dari alisnya yang berkerut saat dia berusaha mati-matian mencari tahu apa yang salah.

Menghindari kekalahan, dengan pukulan backhand menyilang lapangan yang ditendang Osaka ke gawang, terbukti menjadi katalis bagi perjalanan Swiatek meraih gelar ketiga berturut-turut di Roland Garros - dan keempat secara keseluruhan.

“[Kembali seperti itu] memberi saya perasaan bahwa saya harus selalu percaya pada diri sendiri, bahwa saya dapat menemukan permainan saya bahkan ketika saya berada dalam masalah besar dan melawan,” kata Swiatek dalam konferensi pers perebutan gelarnya.

“Ketika Anda mencoba yang terbaik, itu selalu menjadi solusi terbaik. Anda tidak menyesal dan Anda dapat mengubah turnamen menjadi seperti itu,” tambahnya sambil menunjuk ke arah trofi.

Setelah momen itu, unggulan teratas asal Polandia itu lolos dengan tenang melalui undian.

Pemain berusia 23 tahun itu memenangkan 64 dari 81 pertandingan berturut-turut yang berpuncak pada kemenangan telak 6-2, 6-1 atas pemain Italia Jasmine Paolini.

'Double bagel' selama 40 menit atas Anastasia Potapova di babak keempat menjadi penanda yang signifikan, sebelum finalis 2019 Marketa Vondrousova dikirim ke perempat final karena hanya kalah dalam dua pertandingan.

Juara AS Terbuka Coco Gauff menawarkan lebih banyak perlawanan di semifinal tetapi Swiatek masih menegaskan kendali atas lawan yang ia dominasi dalam pertemuan mereka sebelumnya.

Di final yang hanya sedikit orang yang memperkirakan dia akan kalah, Swiatek mengalahkan Paolini dengan penampilan luar biasa yang menunjukkan kemampuan dan otoritasnya di lapangan merah.

“Saya perfeksionis, jadi selalu ada tekanan,” kata Swiatek.

“Tetapi saya pikir saya baik-baik saja dalam menangani tekanan saya sendiri. Ketika tekanan dari luar menghantam saya, maka itu menjadi sedikit lebih buruk.

"Saya berhasil melakukannya dengan sangat baik di turnamen ini."

'Double digit' dan 'career Grand Slam' - apa yang bisa dicapai Swiatek?

Aura Swiatek di Roland Garros semakin besar hingga kini dijuluki 'Queen of Clay'.

Statistik utama menunjukkan alasannya:

  • Swiatek telah memenangkan 21 pertandingan berturut-turut di Prancis Terbuka - rekor terpanjang keempat di tunggal putri di era Terbuka

  • Swiatek telah memenangkan 35 dari 37 pertandingannya di Roland Garros

  • Dia belum pernah kalah di Paris sejak 2021

Dengan mengalahkan Paolini pada hari Sabtu, Swiatek menjadi wanita termuda yang memenangkan empat gelar Prancis Terbuka di era Terbuka.

Hanya Chris Evert (tujuh), Steffi Graf (enam) dan Justine Henin (empat) yang menyamai atau melampaui penghitungannya.

Legenda Amerika Evert, yang memenangkan 18 gelar utama antara tahun 1974 dan 1986, mengatakan dia khawatir "setiap hari" tentang Swiatek yang memecahkan rekornya di Roland Garros.

“Ketika saya meletakkan kepala saya di bawah bantal, saya khawatir tentang Iga,” canda Evert di Eurosport.

"Saya pikir Iga akan mencetak dua digit. Saya tidak hanya berpikir dia akan mengalahkan rekor saya di sini - saya pikir itu dua digit."

Ditanya tanggapannya terhadap komentar Evert, Swiatek tersenyum. "Senang mendengar kata-kata seperti itu. Tapi saya tidak berpikir dalam kategori ini," ujarnya.

“Bahkan berada di sini dan memenangkan lima Grand Slam tampak sangat tidak nyata. Saya tidak pernah menduga hal itu ketika saya masih muda.

“Mencapai dua digit di sini sepertinya masih sulit.

"Saya pasti akan bekerja untuk itu dan akan melakukan yang terbaik untuk menjadi lebih baik setiap tahunnya – dan memainkan permainan terbaik saya di sini."

Meskipun sebagian besar kesuksesan Grand Slam Swiatek terjadi di lapangan tanah liat, dominasinya di Tur WTA didukung oleh kemampuannya di lapangan keras.

Kemenangan besar lainnya datang di AS Terbuka 2022, dengan 13 dari 22 gelar WTA diraihnya di lapangan akrilik.

Rumput adalah permukaan yang paling tidak mahir baginya - ia hanya memainkan 23 pertandingan di permukaan dalam karier profesionalnya, dibandingkan dengan 205 pertandingan di lapangan keras dan 90 pertandingan di lapangan tanah liat.

Wimbledon adalah turnamen besar di mana ia paling sedikit meraih kesuksesan sebagai seorang profesional.

Pencapaian ke perempat final tahun lalu merupakan penampilan terbaiknya, meski ia berhasil meraih gelar junior di All England Club pada 2018.

“Saya pikir Swiatek akan memenangkan keempat Grand Slam,” kata mantan petenis nomor satu Inggris Annabel Croft, yang merangkum final tersebut untuk BBC Radio 5 Live.

“Lihatlah Nadal – saya pikir orang mengira dia tidak akan pernah memenangkan Wimbledon, namun dia menemukan cara untuk memenangkannya.”


Posting Komentar

0 Komentar